The Light Princess by Tori Amos and Samuel Adamson opened at the National Theatre this week


This brand new musical by Tori Amos and Samuel Adamson opened on 25 September. The amazing Tori was just behind me at the opening performance. 

Once, in opposing kingdoms lived a princess and a prince who had lost their mothers. Althea, unable to cry, became light with grief and floated, and so was locked away. Digby became so heavy-hearted that he could never smile, and so was trained as a warrior.

One day, he declares war. Althea is forced out of hiding and down to ground but, in defiance of her father, she escapes, only to encounter the solemn prince on contested land. Beside a lake the warring heirs begin a passionate and illicit affair. But for Althea to find real love, she must first confront the world’s darkness and face her own deepest fears.

The Light Princess brings together iconic singer-songwriter Tori Amos with playwright Samuel Adamson and director Marianne Elliott (Curious Incident, War Horse) in a spectacular coming-of-age story. A dark fairytale about grief, rebellion and the power of love...


Adrián Villar Rojas' Today we reboot the planet installation at the Serpentine Sackler Gallery



image courtesy of serpentine sackler gallery © 2013 jörg baumann 

The Serpentine Sackler Gallery opens



The Serpentine Sackler Gallery, designed by Pritzker Architecture Prize laureate Zaha Hadid, opened to the public on Saturday 28 September 2013. 

The Serpentine Sackler Gallery gives new life to The Magazine, a former 1805 gunpowder store, located five minutes walk from the Serpentine Gallery on the north side of the Serpentine Bridge. With 900 square metres of new gallery, restaurant and social space, the Serpentine's second space in Kensington Gardens is a new cultural destination in the heart of London. From this autumn, the Serpentine presents its unrivalled programme of exhibitions and events across both Galleries and into the Park. 

In 2010 the Serpentine Gallery won the tender from The Royal Parks to bring the Grade II* listed building into public use for the first time in its 208-year history. The Serpentine Gallery has restored the building to an excellent standard, in partnership with The Royal Parks, renovating and extending it to designs by Zaha Hadid. A light and transparent extension complements rather than competes with the neo-classical architecture of the original building. It is the Zaha Hadid Architects' first permanent structure in central London and continues a relationship between the Gallery and the architect, which began with the inaugural Serpentine Gallery Pavilion Commission in 2000. The landscape around the new building will be designed and planted by the world-renowned landscape artist Arabella Lennox-Boyd.

Pictures Luke Hayes.

Van Gogh at the Eykyn Maclean gallery




This is the stunning Vincent van Gogh's Self-portrait during a preview viewing of the "Van Gogh in Paris" exhibition at the Eykyn Maclean gallery in central London on September 25, 2013. 

Running from September 26 to November 29, 2013, the collection features work by the artist, as well as works by those who inspired him during his two years in the French capital. 


AFP PHOTO / LEON NEAL

Rick Owens at the Carpenters Workshop Gallery in London






A beautiful exhibition by the genius Rick Owens at the Carpenters Workshop Gallery in London.


"9 years ago when Hun and I moved to Paris, I continued making the custom improvised furniture I'd had made for our bunker complex on Hollywood Boulevard. Rough lumber models of Robert Mallet Stevens and Claude Parent silhouettes. But as we settled in, and Hun started looking around, the city, and time, might have done something to us. Whereas before I had done something in crudely nailed black plywood, Hun found someone to translate that shape into darkly translucent five hundred thousand year old petrified wood. She turned our huge army blanket upholstered bed from L.A into Alabaster for Paris. A raw lumber curial chair became softly matte white marble.


I suggest a few shapes and she diligently coaxes them out of the various talented and temperamental artisans that it takes to make them. Frankly, I suspect them of taking longer so they can receive more of her visits.

The rough black plywood we love is always there, but now there are moments of gleaming opulence……

9 years later everything’s different and everything’s still the same.
The furniture has been a deeply personal exercise in building our own little world.

Welcome to it.”

Rick Owens

National Geographic Channel reveals the best game: your brain




The National Geographic has recently organised an interesting campaign focusing on ... your brain. It reminds me of the curated section of dOCUMENTA (13) simply entitled "the Brain" featuring historical and contemporary art piece.


"The most compelling theme the ‘brain’ introduces is what could be described as the biography of objects, biographies that allow the artists and curators to establish affinities and correspondences between different cultural, historical and disciplinary spaces and temporalities." Alex Farquharson and Kaelen Wilson-Goldie said when the wrote about the exhibition in Frieze.



No other console or computer has ever been able to match the capabilities of the device known simply as "Brain." The fastest, best gaming device ever invented did not come from a factory - it is people's brain. 






Celebrating In Utero 20th Anniversary


'There would be these moments of connecting emotionally,' Dave Grohl said to Rolling Stone magazine. 

The album features amazing artworks by Alex Grey and Kurt Cobain.

Miracles still happen:a new Van Gogh painting has been unveiled and reminds me of my childhood


An amazing landscape that has been hidden in a Norwegian attic for years has been authenticated as a work by Vincent Van Gogh. The piece can be dated to the exact day it was painted because the artist described it in a letter to his brother, Theo, saying he had painted it the previous day - on 4 July 1888.

Painted when he lived in Arles, 'Sunset at Montmajour' features a striking blue ruined abbey on the hill of Montmajour. Sunset at Montmajour was unveiled at a ceremony in the Dutch city and Axel Rüger, director of the museum, called it a "once in a lifetime experience".

It feels amazing to see that miracles can still happen. The revelation of this work is particularly emotional for me as I grew up in Arles from 1987 to 1997 and Montmajour evokes a lot of childhood memories...




Pace London presents an exhibition by Paul Thek


Pace London presents a rare and unprecedented overview of Paul Thek works from the early to mid 1960's, across all the media he worked, and never seen before to this extent in the UK. In some ways, Paul Thek reminds me a lot of Kurt Cobain... 


The exhibition, curated by Kenny Schachter, includes works from the noted newspaper series to the legendary and singular Technological Reliquary series and is a must-see. It's at 6 Burlington Gardens, first floor of the gallery.



www.pacegallery.com 

Cerita Ayah

Selamat sore! Ini H-seminggu TD! Denah belum kelar, desain belum fix, ketemu dosen pun belum. Di luar terlihat selo tapi di dalam hati gundah gulana. Jangan ditiru!

Seminggu kemarin bokap sempat menginap di Jogja selama seminggu yang mengakibatkan ketahuan gue belum bisa parkir lurus dan gue belajar parkir hampir setiap hari :| Tanpa sebab yang jelas, gue menyampaikan keadaan TA dan keadaan gue saat sekarang ini, kalaupun ada kemungkinan mengundur periode kelulusan. Sudah gundah, sudah galau. Bokap ternyata punya cerita menarik.

Nyokap sewaktu kuliah dulu juga kelulusannya tertunda karena si ibu dosennya gak ngebolehin beliau mengambil sks mata kuliah yang kurang berbarengan dengan KKN. FYI, KKN nya dilaksanakan dalam jangka waktu 3 bulan di masa periode aktif kuliah. Akhirnya, nyokap mengundur KKN dan otomatis mengundur kelulusan selama satu semester. Padahal pada masa itu tidak wajib pengambilan sks skripsi.

Kisahnya bokap lain lagi. Dulu bokap udah mengikuti kuliah skripsi, dulu ternyata ada sks nya sendiri untuk mata kuliah bimbingan pra skripsi. Nah, pada waktu itu eyang kakung almarhum dari bokap meninggal sehingga bokap mengambil jalan untuk cepat menyelesaikan kuliah yang akhirnya meninggalkan proses skripsi itu. Berakhirlah bokap langsung ambil KKN pada tahun yang sama dengan nyokap.

Mereka berdua KKN di Boyolali dan dipertemukan di sana. Sebenarnya ceritanya lebih seru lagi, tapi ini cerita yang disampaikan bokap kemarin sewaktu di Jogja. Maknanya apa? Hal apapun yang sedang kita alami sekarang semuanya sudah rencana Allah, skenario Allah. Mau kita kuliah di mana, jurusan apa, lulus cepat atau lama, dan kerja di mana. Allah punya rahasia untuk semua itu. Berkali-kali kita melafadzkan Wallahu a'lam bish shawab. Hanya Allah yang Maha Mengetahui, Allah yang Maha Berilmu. Kita tinggal mengikuti skenario dariNya saja. Semangat semuanya semoga Allah selalu memberkahi :)

Maag Akut

Selamat dini hari. Selamat gak tidur. Sleepless. Again. Beberapa hari merasa gagal produktif, bahkan kebiasaan lama muncul. Lupa makan. Bisa sehari sekali, bisa sekali dalam dua hari. Kenapa? Waktu berjalan sangat cepat dan saya lupa. 

Beberapa bulan yang lalu penyakit lambung saya kambuh, maag. Terasa sekali selama sebulan saya tidak produktif sama sekali. Memang sih ada teman yang berkomentar, "Cuma maag, kan?" Ya, cuma maag :| dan semoga dia tidak pernah merasakan apa yang saya alami.

Berikut hal-hal yang menyebabkan penyakit maag:
1. Sakit kepala yang saya pikir awalnya adalah migrain atau sekedar darah rendah. Fyi, tekanan darah saya normal pun rendah. 
2. Mual saat makanan masuk, bukan seperti mual biasanya, tidak tertahan sehingga semua makanan yang masuk semua saya muntahkan. Alhasil saya 3 hari tidak mendapat asupan makanan apapun.
3. Sakit saat makanan maupun minuman masuk. Lambung saya termasuk sensitif (mungkin memang karena sudah ada gejala maag) saya pernah menderita gastroentritis, diare akut yang menyebabkan diare parah sampai seminggu baru mulai pulih. Mulai pulih, belum pulihnya lho. Gastroentritis juga menyebabkan sakit perut luar biasa saat makanan masuk, bedanya maag ini disertai mual dan sakit luar biasa bahkan ketika masuk cairan seperti air putih.
4. Terasa nyeri di ulu hati. Ini jelas sekali, tandanya kadar asam di lambung tinggi. Rasa nyeri karena asam lambung ini bisa dirasakan tidak hanya sampai sebatas ulu hati, sampai dada bahkan teman saya ada yang sampai di atas dada.
5. Sering sekali sendawa. Sendawa dan bau mulut tidak sedap merupakan tanda-tanda bahwa ada yang tidak beres pada lambung. Dalam hal ini  sendawa saya nyaris tidak berhenti.
6. Saya saat itu tetap nekat berangkat ke dokter umum sampai pada akhirnya tepat seminggu makanan yang sedikit sekali saya makan lalu saya muntahkan kembali itu terdapat bercak-bercak darah di dalamnya. Jelaslah sudah saya harus mendatangi dokter spesialis.

Penyebab penyakit maag yang saya lakukan, kesalahan hidup sih sebenernya:
1. Pola hidup kurang sehat. Seperti tidak sarapan pagi, makan kalau lapar saja, tidur larut malam ketika lembur. 
2. Terlalu sering makan makanan yang mengandung kadar minyak tinggi. Namanya anak kost di jogja, selalu beli makanan karena pada saat itu kosan saya tidak memiliki dapur dan makanan di jogja rata-rata gorengan dan menggunakan sambal tanpa sayur.
3. Insomnia, terlalu sering begadang. Pola hidup tidak sehat. Anak arsitektur *pembelaan diri*.
4. Kelelahan dan stress. 
5. Mengkonsumsi aspirin untuk meredakan sakit kepala. 
6. Mengkonsumsi produk susu sapi secara rutin seperti susu kotak dan yogurt.
Hal-hal tersebut lah yang saya alami, memang masih banyak penyebab yang lainnya seperti mengkonsumsi minuman bersoda, beralkohol, dan merokok.

Terlalu banyak alasan pembelaan saya saat itu, walaupun sampai dimarah oleh dokter spesialis penyakit dalam saya. Sebenarnya pada saat itu saya diminta untuk rawat inap dikarenakan tidak bisa mencerna makanan yang masuk ke lambung dikarenakan dinding lambung menunjukkan indikasi luka, tapi aatapi takut. Pikiran saya sudah berimajinasi kalau harus rawat inap dan pemeriksaan lambung lebih lanjut yang mengerikan. Walau dimarahin sama dokter saya tetep ngotot rawat jalan. Akhirnya dokter saya menyerah dan hanya memberikan obat-obatan. Obatnya cukup banyak, ya banyak. Ada yang berbentuk sirup adan yang tablet sebesar kancing baju dan harus saya potong jadi dua baru bisa tertelan. Obat-obatannya kalau saya tidak salah baca ada antasida, ranitidin, anti asitas, dan lain-lain. Iya, harga kontrol dokter spesialis bahkan lebih mahal daripada harga total obatnya. Ilmu itu mahal :|

Di luar dari itu saya tiba-tiba teringat bahwa orang tua saya rajin mengkonsumsi obat-obatan herbal. Saya coba ingat-ingat lagi apa ada ya obat herbal untuk luka dalam. Ada. Saya browsing ternyata benar ada, namanya Jelly Gamat. Kalau sudah familiar dengan obat-obatan herbal pasti terbiasa. Oh ya, tablet susu kambing juga bisa, tapi karena saya hanya bermodalkan tabungan dan belum berani memberitahukan orang tua saya memilih Jelly Gamat. Obat herbal tidak tersedia di sembarang toko atau apotek. Di jogja saya diberitahukan oleh teman saya Dewi, ada toko-toko yang menjual madu murni di Jogja, di Jalan Tamsis. SGM lurus ke selatan dan di situ bertebaran toko-toko obat-obatan herbal. Ada banyak produsen lokal dan luar negeri yang memproduksi Jelly Gamat yang berasal dari rumput laut ini. Jadi bisa pilih, dasarnya saya orangnya khawatiran saya memilih yang lebih mahal, buat apa sih? :|

Alhamdulillah selang dua bulan setelah hanya bisa mengkonsumsi bubur polos dan air putih dan rawat jalan seminggu sekali, saya berangsur pulih. Tepat setelah tabungan mulai menipis akhirnya memberitahuka orang tua hehehe. Sampai sekarang saya tidak bisa mengkonsumsi susu sapi yang kemudian saya ganti dengan susu kambing. Susu kambing bisa diperoleh di apotek, selain membantu mengurangi asam lambung susu kambing juga mengandung kadar lemak rendah dan lebih banyak kandungan gizinya serta tidak seamis susu sapi sehingga tidak mual walau harganya hampir dua kali lipat susu sapi bubuk. Mengurangi sekali makan mie instan ataupun minuman bersoda dan asam serta tidak makan makanan pedas saat perut kosong.

Tapi entahlah kalau sekarang akan kambuh lagi. Semoga ini migrain biasa. 







[Fan Edit] Park Bom & Sandara Park in Hijab

Park Bom and Sandara Park 2NE1 in hijab syar'i. Out of my boredom, no offense! Truthfully I'm a Blackjack ever since they debuted and my bias is Bommie eonnie, so keep calm I do love them. ;) 

Park Bom my favorite eonnie :*


Sandara Park mau diapain juga tetep cantik :3

Senin dan 8 SKS


Monday morning. It’s already Monday AGAIN? Just. How? Where was my weekend again? What did I go through last weekend? Heol. Doing final project isn’t as easy as what my high school friends think of. Eum, I do know this right. My close friends from junior high did say so. Maybe I’m the last member out of 5 whom hasn’t graduated. Yet. Iya, dengar dari cerita mereka memang skripsi itu berat, but hey, I’d done it. Skripsi untuk konsep desain sudah selesai, sudah dijilid, sudah masuk ke perpustakaan. Sekarang lo tinggal ngerjain desainnya, mon, but hell yeah it isn’t JUST doing design. Mengerjakan desain arsitektural gak mudah, banyak banget yang harus dipikirin. Kemarin langkah di skripsi sudah cukup tertatih dengan dosen pembimbing yang selalu menekan tetapi tidak terlalu memberi saran demi kelancaran skripsi, ternyata tekanan yang didapat dalam tahap Transformasi Desain di Studio Tugas Akhir ini lebih besar. Setiap weekend jatuh sakit. Entah sakit demam, diare, ingusan, radang, dan kawan-kawannya yang kalo katanya anak gaul tuh gak gue banget. Jelas penyakit-penyakit tiap akhir minggu itu datang karena gue yang tadinya rutin olahraga minimal jogging seminggu sekali satu jam di kala sibuk dan (sok) sibuk pake banget, sekarang gak berolahraga sama sekali jadi mungkin drop dan kaget. Jadilah manja sakit seminggu sekali. 

Sebenernya gue tau, temen gue tau, orang tua gue tau, cuma mungkin dosen gue yang gak tau kalo gue ngerjain tugas tuh cepet. Gue sempet selama tiga minggu ini ngejer, sakit eh ketinggalan lagi dan pola itu berulang selama 3 minggu. Sekarang sudah H-25 hari. Okay. Gue. Mulai. Panik. Maksudnya pake banget. 

Semalam dengan semangat membara hari ini masuk mau nyempurnain lima lembar gambar lalu dengan bangga bilang ke ibu laboran studio, “Ibuk, saya jadi lima gambar!” dan ketemu dosen. Semalaman gak tidur. Sejak subuh entah kesambet cocoa mungkin :”)) gue panik dan merasa takut. Oke. Gue panik dan bingung harus cerita ke siapa, butuh saran walau gue yakin pasti jawaban semua orang maju terus, mon, kerjain. Pertanyaan gue selalu retoris, indeed. Bener kata temen-temen gue, ngerjain tugas akhir tuh bersimbah air mata serasa jaman masih maba 4 tahun yang lalu.

Yakin sekali bahwa Allah yang menentukan jalan saya di sini, di arsitektur yang tugasnya bejibun. Dzat Yang Maha Membolak-balikkan hati manusia. Kalau sekarang perasaan hati gelisah dan panik, saya yakin sedetik kemudian kalau Allah menentukan pasti hati saya sudah tenang, riang, dan gembira. Mungkin Allah juga sedang menegur saya. 

Halo, Monika, kamu gak ingatkah beberapa tahun yang lalu saat masih menjadi maba berat badan turun sampai 5 kilogram lebih karena stress dengan tugas di arsitektur semester satu yang didampingi oleh homesick pertama kali tinggal jauh dari orang tua? Atau saat kamu semester tiga, dihujani oleh tugas struktur dan konstruksi yang gak kira-kira harus bikin gambar kerja di kertas kalkir ukuran A2 puluhan lembar dengan maket kelompok skala 1:50 yang sebesar kandang sapi untuk sks sebesar 3 sks dan itu dibarengi dengan tugas studio 6 sks dengan arsitektur dijital yang tugasnya bikin gak tenang? Belum lagi kamu gak ingat saat semester 5 terbebani dengan laporan dan seminar kerja praktek sebesar 3 sks yang ditemani dengan tugas kampus untuk pameran pasca KKA 2011 yang masih dilanjut dengan tugas studio desain 6 sks untuk bangunan tinggi yang mengharuskan gambar kerja sampai 60an lembar A3? Kamu selesai kan itu? Selesai, mon. Lantas sekarang beban 8 sks kenapa kamu mau mundur lagi? Sebegitu pengecutnya kah Monika yang selama ini dianggap teman-teman sebagai cewek tangguh? Gak kece kamu, mon.

Pagi buta Monika gangguin orang tua yang mau upacara di sekolah. Upacara? Iyalah, orang tua gue keduanya guru walau anaknya gak mau jadi guru. Apa jadinya kalo murid di sekolah punya guru random macam gue? Dengar suara yang sudah seminggu ini gak didengar, suara bapak dan ibu yang sedang terburu-buru akan mengajar pagi ini, walau yakin sekali akan pecah tangis setelah mendengar suara tinggi ibu yang pasti menyapa, “Ata di mana?” walaupun sudah tau jawabannya. Atapun suara berat bapak yang menyapa, “Assalamu’alaikum, nduk.” Jujur sekali hati ini ingin ditemani, jujur sekali otak membutuhkan support, jujur sekali sedang berperan sebagai anak ayam berbulu kuning yang kehilangan dosennya eh induknya. Gak sampai hati lidah ini berkata ini dan itu. Yakin Allah Maha Mendengar walau saya tidak mengucapkannya. 

Air wudhu pagi ini terasa lebih dingin daripada air wudhu tadi subuh. Orang tua nun jauh di sana terpisah air laut, bukan sekedar terpisah air tawar kulon kali. Harus pake feri, gak bisa pake getek. Sahabat-sahabat dekat jelas sedang sibuk dengan kesibukkannya yang mungkin tidak kalah galau dan menggalaukan. Apa yang saya punya? Pacar? Oh jelas itu tidak ada, alhamdulillah. Siapa? Dzat Yang Maha Kekal lah yang saya punya sekarang. Halo hati yang sedang gelisah dan otak yang sedang panik, saya masih punya Allah. Saya masih punya bahan bacaan yang pasti manjur menenangkan kegundahan. Al-Qur’an. Tilawah selalu manjur menenangkan hati. Untuk apa suara bagus untuk karaokean tapi gak bagus untuk tilawah? *no offense, it’s just another self reminder*

Saya yakin semua hal duniawi yang gak enak pasti jauh lebih sedikit volumenya dibanding nikmat yang Allah SWT beri. Semua beban yang manusia anggap berat pasti jauh lebih sedikit dengan hal yang telah dimudahkan oleh Allah SWT. Semua pernyataan manusia yang tak bisa terucap di depan manusia dan tidak bisa dimengerti langsung oleh manusia pasti Allah sudah tau terlebih dahulu dan semuanya pasti dijawab oleh Allah SWT, insya Allah. Kenapa harus kalah dengan 8 sks? Sedangkan seratus lebih sks yang telah lewat bukankah itu juga hasil perjuangan kamu? Kenapa semangat juangnya mundur? Mana Monika yang tangguh? Mana Monika yang biasanya mandiri? Mana Monika yang gak pernah cengeng di depan orang lain selain orang tua dan Allah? Mana anak gadis yang selalu mengerjar deadline di antara deadline dengan tepat waktu? Masih di sini kah? Iya, masih di sini, di kost Cempaka Putih. Ya Allah bantu hambaMu untuk berjuang lebih keras dari sebelumnya, terima kasih atas nikmat mengerjakan Tugas Akhir di kampus hebat ini. Semangat Monika! Semangat mahasiswa pejuang tugas akhir dan skripsi. Semangat mahasiswa pengejar toga! :)

Beyonce - Halo


There is this song which keeps running in my head. Timeline malam ini bergerak cepat dan akun-akun muslimah bahkan akun ustadz di timeline membicarakan perkara jodoh. Akun-akun teman-teman juga entah janjian atau gimana, pada galau jodoh dan membahas bribikan. Terus gue harus gimana tuips? Gue harus ikutan galau gitu ya biar mainstream? So, without me knowing, this song keeps playing repeatedly. Just. Why. Okay, someday I will sing this song no longer in karaoke room in front of big monitor, but to whom I'm supposed to sing to, just another time will definitely come :3 




Remember those walls I built
Well, baby they're tumbling down
And they didn't even put up a fight
They didn't even make up a sound

I found a way to let you in
But I never really had a doubt
Standing in the light of your halo
I've got my angel now

It's like I've been awakened
Every rule I had you breaking
It's the risk that I'm taking
I ain't never gonna shut you out

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your halo
You know you're my saving grace

You're everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your halo
Pray it won't fade away

I can feel your halo halo
I can see your halo halo
I can feel your halo halo
I can see your halo halo

Hit me like a ray of sun
Burning through my darkest night
You're the only one that I want
Think I'm addicted to your light

I swore I'd never fall again
But this don't even feel like falling
Gravity can't forget
To pull me back to the ground again

Feels like I've been awakened
Every rule I had you breaking
The risk that I'm taking
I'm never gonna shut you out

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your halo
You know you're my saving grace

You're everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your halo
Pray it won't fade away

I can feel your halo halo
I can see your halo halo
I can feel your halo halo
I can see your halo halo

I can feel your halo halo
I can see your halo halo
I can feel your halo halo
I can see your halo halo
Halo halo

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your halo
You know you're my saving grace

You're everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your halo
Pray it won't fade away

I can feel your halo halo
I can see your halo halo
I can feel your halo halo
I can see your halo halo

Eye makeup: when liner and shadow touch eyes

Hello! This has been sunny Sunday. Baca: terik banget, bikin mager di kamar kost putri biru pink ini. Sehabis re-upload alias mengunggah ulang foto-foto hiking-hiking cantik aku bersama teman-teman yang gak sengaja terhapus di facebook. Mana fotonya? Albumnya aku private tuh. Emangnya kamu nyari? Enggak juga kan? 

Minggu lalu sudah bahas seputar bahaya, tips dan trik pemakaian softlens. Pingin jari ini membahas seputar eye liner walau saya sendiri gak jago juga sih, tapi berbagi pengalaman pribadi boleh kan? :)

Eye liner, ada si perempuan yang dengan percaya diri tinggi dan suka menggunakan eye liner tebal bahkan dengan aksen cat-eyed bererkor mata panjang, tapi gak sedikit juga yang belum cukup pede mengaplikasikan eye liner gelap tebal untuk kegiatan sehari-hari. Takut terlihat too much done atau terlihat seperti hang over racoon, atau salah salah penggunaan eye liner di bagian bawah mata justru membuat mata terlihat semakin kecil, sayu atau bahkan seperti orang kurang tidur.

Pilih produk yang tepat.
Banyak jenis dan tipe eye liner, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan bentuk eye makeup yang diinginkan. Bermula dari pensil, gel, stick ,spidol, sampai liquid/cair dengan mata kuas ataupun mata spidol. Banyak yang bermula dari eye liner pensil karena lebih mudah dalam pengaplikasiannya and ofc when we made mistakes it's easier to touch up our mistakes instead. Kalau kamu masih menggunakan eye liner pencil/stick dan tidak mau terlihat too-much-done, bisa juga beralih ke alternatif penggunaan mineral eye shadow yang memilik warna-warna netral dengan pengaplikasian eye liner kuas.

Pilih warna yang tepat.
Pemilihan warna yang salah dengan event atau warna kulit maupun mata bisa berkibat fatal. Apalagi ketika kamu menggunakan softlens warna, yuk coba disesuaikan warna kulit, mata, dan eye liner kita. 

Softlens cokelat: warna mata/softlens cokelat cocok untuk hampir semua warna eye liner.
Softlens hazel-eyed: kalau softlens/kornea mata mempunyai flek hijau dan cokelat, warna-warna dari mineral eye shadow mungkiny ang paling cocok untuk diaplikasikan untuk mata warna ini.
Softlens hijau: untuk warna softlens/kornea hijau, warna seperti ungu ataupun hijau bisa menampilkan warna hijau dengan aksen emerald di mata, warna cokelat juga bisa digunakan sebagai tambahan.
Softlens biru: warna softlens/kornea biru bisa dibuat kontras dengan eye liner cokelat maupun hitam. 

Beauty-tool-kit yang dibutuhkan:
1. Eye liner
Liquid eye liner kebanyakkan hanya tersedia warna gelap seperti hitam sehingga eye liner ini sering digunakan sebagai bingkai mata dan ini yang paling menarik di mata kamu. Sedangkan pencil atau stick eye liner memiliki warna yang lebih variatif seperti warna-warna mirip mineral eye shadow sampai warna-warna cerah seperti pink, merah, dll. Pencil eye liner berwarna putih sangat diperlukan. Kelemahan dari pencil eye liner ini lebih mudah luntur dan tidak tahan air.

2. Mineral eye shadow, seperti gradasi putih, silver, cokelat, gold bisa juga dark purple, silver, hijau. Gunakan minimal dua warna ketika mengaplikasikan eye shadow pada mata.

3. Eye liner brush yang dibutuhkan tidak sebanyak eye shadow brush, tapi flat eye liner brush sangat penting dan ini benda yang berguna untuk mengkoreksi kesalahan ketika penggunaan eye liner. Selalu coba terlebih dahulu warna yang akan digunakan pada punggung tangan.
3 Jenis eye liner brush sesuai kebutuhan, dijelaskan lebih lanjut ;)

4. Eye cream, terkadang krim mata ini dibutuhkan ketika akan membuat makeup mata, pada dasarnya kelopak mata dibentuk ulang. Gunakan krim ini di atas bedak wajah.

5. Concealer, yang kita kenal dengan concealer berfungsi sebagai pengkoreksi warna pada wajah, misalnya penutup noda hitam ataupun mata panda. Kesalahan yang sering dilakukan adalah penggunaan concealer di atas bedak, gunakan concealer di atas krim tirai wajah lalu concealer, lalu ditutup dengan bedak wajah. 


Berikut tips dan trik penggunaan eye liner yang pernah saya gunakan:

1. Tightline.
Tightline digunakan ketika kita tetap ingin mengesankan mata kita tegas namun tidak ingin terlihat too-much-done. Tight line diaplikasikan pada bagian dalam kelopak mata dan kantung mata, dekat dengan batas air pada mata. Bisa menggunakan eye liner dengan mata pensil, ataupun gel dan liquid eye liner. Akan lebih mudah jika menggunakan gel liner engan kuas nomor satu seperti di atas dengan mata kuas tipis dan datar.

via beautylish.com

2. Pencil eye liner lasts longer.
Bagi yang masih khawatir menggunakan gel liner maupun liquid liner, ada cara agar eye liner pensil kita bisa bertahan lebih lama. Gariskan eye liner pensil seperti biasa di dekat garis air di mata, lalu gunakan eye shadow yang sewarna dengan eye liner pensil kita tadi, goreskan dengan kuas tipis yang rata, bisa juga dengan kuas tipis yang miring. Biasanya saya sendiri menggunakan warna hitam pada bagian atas dan warna putih untuk bagian bawah.

via beautydepartement.com
Klik pada gambar untuk melihat lebih besar dan perhatikan dua kolom tutorial bagian bawah.

Oh, ya saya pernah diberi tahu kalau penggunaan warna biru terutama pada bagian bawah mata bisa memberikan kesan fresh pada mata, belum pernah saya coba sendiri tapi.

3. Cat's eyes and Winged eyes.
Untuk yang percaya diri dalam menggunakan eye liner dengan ekor yang panjang, berikut beberapa langkah yang pernah saya coba dengan menyontek yang lebih pro ;)

Winged eyes yang dibuat dengan penebalan eye lid terlebih dahulu: 
via: dropdeadgorgeusdaily.com

Cat's eyes yang dibuat dengan membuat bingkai ujungnya terlebih dahulu:

via: moreofmetolove.com

via: elkevonfeudenberg.com

Perhatikan kuas yang digunakan di atas, yang pertama menggunakan kuas untuk liquid eyeliner, kuas tipis runcing nomor dua. Sedangkan gambar ke dua menggunaan kuas untuk gel liner berupa kuas tipis lebar dan miring.
4. Sofer looks.
Ketika kamu merasa liquid eye liner is just too thick, terlalu tebal dan terlalu dramatis, seperti yang tadi dikatakan di atas, bisa menggunakan mineral eye shadow untuk mengesankan mata lebih lembut dengan kesan dramatis untuk momen istimewamu.

via: beautylish.com
Menggunakan mineral eye shadow pada bagian kelopak mata, duaatau tiga warna sudah cukup asal pintar mem-blending-nya dengan kuas eye shadow lembut yang lebar yang kemudian ditutup dengan yang biasa kita sebut dengan powder eye liner atau eye liner serbuk, masih menggunakan kuas tipis miring yang sama.

5. White eyeliner boasts eye wider.
Eyeliner pensil berwarna putih membuat mata lebih lebar jika digunakan di mata bagian bawah dekat dengan garis air, tepat di bagian dalam bingkai eyeliner hitam dan membuat mata tegas ketika digunakan pada kelopak mata bagian bawah tepat di atas bingkai atas eyeliner hitam.

via: musebeauty.pro

Penggunaan eye shadow di bagian atas kelopak  setelah white liner untuk mengesankan batasan mata dan membuat kelopak lebih dalam, namun karena saya bermata kecil, untuk keseharian siang hari saya lebih sering menggunakan eye liner putih untuk mata bagian bawah di dalam bingkai mata dan kelopak sampai bawah alis menggunakan eye shadow putih tanpa glitter penuh dan bingkai mata menggunakan eyeliner liquid dengan winged eyes penuh di ujung mata.

6. Smokey eyes
Smokey eyes lebih cocok digunakan untuk momen istimewamu pada malam hari. Pilihan warna smokey eyes mu harus disesuaikan dengan baju yang digunakan, jangan menggunakan warna baju baby pink yang dipadukan dengan deep dark smokey eyes.

Smokey eyes yang dibuat menggunakan eye shadow dan stick eyeliner. Smokey eyes di bawah hanya membingkai warna terang dengan kesan smokey hanya diujungnya. Nah, yang ini bisa digunakan sebagai daily wear smoke eyemakeup karena ringan.

pic. credit: maryammaquillage.com



Smokey eyes hasil perpaduan mineral eye shadow dan liquid eyeliner dengan fokus di kelopak mata penuh:

pic.credit: 7colorz.com


Smokey eyes yang dihasilkan dari perpaduan eye shadow dan pencil eyeliner. Nah, kalau yang ini pengaplikasiannya fokus pada area bingkai mata. Yang ini sangat tidak cocok untuk daily wear outdoor.

pic. credit: hersheuk.blogspot.com

Untuk inspirasi smokey eyes lebih jauh bisa dilihat di sini
Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan warna white-silver-brown dengan bingkai liquid eyeliner hitam. Dengan silver eye shadow yang diaplikasikan sampai ujung mata dekat hidung. 

7. Rainbow on your eyes.
Selain smokey eyes yang lebih terkesan elegan, bisa pula menggunakan eyeliner warna-warni yang lebih playful.

pic, credit: fastfooddrink.wordpress.com

Menggunakan gel atau pun powder eyeliner, masih dengan kuas eyeliner yang tipis dan bermata miring. Langkah pertama jangan lupa mengaplikasikan warna primer untuk menegaskan bayangan kelopak matamu sampai di bawah alis yang ditutup dengan bingkai hitam/gelap pada mata. Lalu gunakan satu persatu warna-warna yang diinginkan, ingat blending technique sangat penting di sini, jangan diusap-usap, cukup digoreskan. Terakhir, gunakan white eyeliner pada bagian bawah mata di dalam bingkai mata. Tadah! You're ready to show off your rainbow.

Oh,ya, warna-warni pada eyelinermu juga bisa digunakan pada bulu mata bagian bawah setelah penggunaan coating ataupun tidak menggunakan coating.

8. Make it simpler and apply decal!
Step terakhir yang pernah saya coba, untuk yang ingin eyeliner dan eyeshadow instan, bisa menggunakan decal atau eyeliner/eyeshadow palsu. Decal ini bisa diperoleh di toko kosmetik atau di deretan peralatan kecantikkan untuk mata. 

Eyeliner instan:
via: bornprettystore.com

Eyeshadow instan:

Saya pernah menggunakan eyeshadow instan untuk bagian kelopak mata yang kemudian dihaluskan dengan eyeshadow yang mendekati warna itu dan bingkai hitam eyeliner liquid. 


Inspirasi untuk eyeshadow, eyeliner, glitter eyes, smokey eyes saya biasa surfing di sini. Ada inspirasi untuk nail polish juga. Kalau saya sendiri lebih suka menggunakan hena merah atau hitam biasa dengan variasi nail tip.

N.B.: Saya tidak membahas tentang penggunaan bulu mata palsu/fake eyelashes, karena saya tidak menggunakan dikhawatirkan menyambung rambut di kepala. Saya mengakali dengan menggunakan maskara yang long extreme two steps dengan penggunaan coating putih untuk step pertamanya.